Uniknya Rasa Rujak Soto Khas Banyuwangi

Kalo baca judulnya bakalan mengernyitkan dahi!! Santai aja SIBers, makanan yang satu ini memang unik, karena dua jenis makanan yang dikombinasikan menjadi satu menu kuliner dan menjadi ciri khas kota yang berada di ujung timur provinsi Jawa Timur.

dok. bilismera.blogspot.com
dok. bilismera.blogspot.com

Kalo SIBers berkunjung ke Banyuwangi, rugi banget kalo tidak menyempatkan untuk menikmati makanan khas kota tersebut. Penasaran kan? Menu yang satu ini untuk seporsi terdiri dari irisan daging, lontong, tahu, tempe, sayur – sayuran matang, tauge, daun seledri, bumbu kacang yang dibuat dari gilingan kacang tanah, gula merah, pisang batu muda, petis, garam, gula, dan cabe rawit. Terakhir disiram dengan kuah soto bening. Perpaduan bumbu rujak dan kuah soto inilah yang menjadikan makanan ini disebut dengan rujak soto. Biasanya kuliner ini diberi tambahan emping melinjo atau kerupuk udang, bisa SIBers bayangin kan rasanya seperti apa? Unik, aneh dan pastinya ada tantangan tersendiri buat penikmat kuliner untuk mencoba sesuatu yang baru.

Di kota yang berdekatan dengan pulau dewata ini, banyak sekali kuliner unik yang disajikan. Bukan cuman Rujak Soto saja, tapi ada beberapa jenis rujak yang bisa SIBers temui. Di antaranya adalah rujak lethok, rujak uni, rujak locok, rujak cemplung, rujak kecut. Nama – nama itu diambil dari bahan yang ditambahkan, contohnya adalah rujak uni, diambil dari buah uni yang rasanya sangat masam.

SIBers, pengen banget merasakannya kan? Buruan deh meluncur ke TKP! Untuk menuju ke kota Banyuwangi bisa menggunakan jalur darat, jika berangkat dari Surabaya menggunakan Kereta Api, perjalanan kurang lebih menempuh waktu 5-6 jam. Jika menggunakan bis atau kendaraan pribadi perkiraan waktu yang ditempuh 7-8 jam perjalanan. Selamat menjelajah…Nusantaraku, Jelajah Indonesia!

Dilansir dari : banyuwangibagus

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *