Trik Memotret Menggunakan Smartphone

IMG_20160901_095232Smartphone menjadi sebuah barang “ wajib” bagi anak – anak muda sampai yang dewasa. Hal ini bukan saja karena untuk keren – kerenan, namun menjadi sebuah kebutuhan. Untuk kalangan dewasa, smartphone menjadi sebuah kebutuhan untuk membantu dalam bekerja, usaha dan berkomunikasi dengan banyak orang. Bagi anak – anak muda, selain untuk berkomunikasi, smartphone juga menjadi alat untuk terus eksis di media sosial. Eksis dalam hal ini bisa dikategorikan dalam dua hal, eksis diri atau eksis yang menghasilkan. Untuk itulah kamera dalam smartphone adalah hal yang wajib menjadi pertimbangan saat membeli smartphone.

Semakin hari bertambahnya kemampuan kamera smartphone (seperti megapiksel, kualitas lensa dan adanya flash), frekuensi dan jumlah penggunanya juga semakin banyak. Namun, yang tetap saja hasil foto amatiran sangat berbeda dengan yang professional sekalipun menggunakan smartphone yang sama merk & typenya. Usut punya usut, ada beberapa trik yang bisa frenz lakukan untuk mendapatkan hasil yang keren dalam memotret menggunakan kamera smartphone apapun merk dan typenya.

  1. No zoom, dekati objek!

IMG_20160622_082357_BURST2Hal pertama yang harus frenz perhatikan adalah jangan menggunakan zoom untuk memotret, karena zoom pada kamera smartphone memiliki keterbatasan, selain itu kalo memotret menggunakan zoom akan tampak noise (bintik – bintik), menurunkan resolusi foto anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam. Jadi lebih baik frenz memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom.

 

  1. Hasil outdoor pasti lebih baik

IMG_20160730_115504_HDRKenapa sih, kalo hasil foto outdoor selalu lebih keren dan bagus dibandingkan dengan foto indoor? Tentu saja Frenz, kamera tidak memiliki sensitifitas seperti mata manusia yang bisa menyesuaikan ketika di dalam ruangan (yang kurang cahaya). Cahaya itu sangat berpengaruh dalam hasil fotomu frenz. Di luar ruangan, lebih banyak cahaya, sedangan di dalam ruangan cahayanya terbatas. Lebih baik menggunakan flash jika terpaksa foto di dalam ruangan. Selain itu, jarak dengan objek perlu diperhatikan jika memotret menggunakan flash. Jarak efektif jangkauan flash yang aman  adalah 2 – 3 meter.

 

 

  1. Pegang handphone se-stabil mungkin

Ada banyak smartphone android yang masih belum memiliki fitur stabilizer. Fitur itu berfungsi menstabilkan kamera saat memotret sekalipun tangan kita goyah ( tidak stabil). Untuk itulah usahakan saat memotret jangan sampai tangan kita tetap stabil (tidak goyah). Gunakan tripod khusus smartphone atau bisa menggunakan benda yang ada di sekitarmu untuk mendapatkan hasil yang bagus ( tidak blur) misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan.

 

  1. Cobalah memotret dengan tidak normal!

Hahaha…pasti Frenz agak bingung, artinya adalah cobalah untuk memotret dengan hal – hal yang tidak “normal” . Why? Ya karena foto yang dibuat dari tempat dan sudut yang biasa-biasa saja maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja.  Untuk itu cobalah cari spot yang seru, objek yang unik, kemudian memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya jongkoklah dan memotretlah dari sudut yang lebih rendah dari objek fotonya. Dengan kita mencoba untuk melakukannya maka foto kita memberi kesan khusus yang tidak biasa dilihat mata manusia normal. Seru kan!!

 

  1. Pilih resolusi tertinggi

Frenz, untuk menghasilkan foto bagus, salah satunya harus beresolusi tinggi. Untuk itu settinglah resolusinya paling maksimal pada smartphonemu. Namun, ada kelemahan dari resolusi tinggi yaitu cepat menghabiskan memorymu. Semakin tinggi resolusi sebuah foto tentunya ukuran filenya besar. Untuk itu harus membenamkan memory tambahan yang lebih gede sebagai penyimpanan.

 

  1. Kenali waktu jeda shutter

 

Kamera handphone memiliki apa yang disebut shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kita memencet dan saat kamera mulai mengambil foto. Tidak seperti kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah kita memencet eksposur, handphone lumayan lelet. Kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat setelah kita menekan shutter.

 

  1. Pastikan lensa selalu bersih

 

Tadi udah membahas tentang teknik memotret, hal berikutnya yang harus Frenz perhatikan ialah sering mengecek kebersihan lensa kamera smartphonemu. Karena sebagus apapun teknik memotret, namun kalo lensanya kotor maka hasilnya pun jelek. Oleh karena itu secara berkala bersihkan lensa dari kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan, tak perlu cairan apapun. Jika terkena minyak, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata.

 

sumber : http://belfot.com/11-tips-memotret-dengan-kamera-hanphone/

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *