Microsoft & Google Bekerjasama Memerangi Zika

microsoft
Perusahaan teknologi dari Amerika telah membawa otomasi dan robotika ke tugas kuno yaitu memerangi nyamuk. Hal ini dilakukan dalam upaya menghentikan penyebaran Zika dan penyakit nyamuk lainnya di seluruh dunia.

Perusahaan seperti Microsoft Corp dan California life sciences telah membentuk kemitraan dengan Departemen kesehatan masyarakat di beberapa negara bagian Amerika Serikat, untuk menguji beberapa alat teknologi tinggi terbaru.

Di Texas, Microsoft menguji perangkap cerdas (Smart Trap) untuk mengisolasi dan menangkap nyamuk Aedes aegypti, yang diketahui sebagai pembawa Zika, yang kemudian akan dipelajari oleh ahli entomologi (cabang sains yang mengkaji mengenai serangga) untuk memberi mereka lompatan dalam memprediksi wabah yang akan terjadi.

Divisi life sciences Alphabet yang berbasis di Mountain View, California, berfokus pada bagiannya yaitu mempercepat proses pembuatan nyamuk jantan steril untuk dikawinkan dengan betina di alam bebas. Hal ini dilakukan adalah sebagai salah satu cara untuk mengontrol kelahiran spesies ini.

Meskipun butuh waktu bertahun-tahun agar kemajuan ini dapat tersedia secara luas, para ahli kesehatan masyarakat mengakui bahwa pemain baru (perusahaan teknologi) telah membawa masyarakat ke dalam pemikiran baru yaitu pengendalian vector yang sebelumnya masih sangat bergantung pada cara tradisional dalam menangani nyamuk seperti larvida dan insektisida.

“Sangat menggairahkan saat perusahaan teknologi masuk,” kata Anandasankar Ray, seorang profesor entomologi di University of California, Riverside. “Pendekatan mereka terhadap tantangan biologis adalah merancang solusi.”

 

Sumber : geekwire

 

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *