Makanan Khas Lamongan

soto ayam lamongan (masakanlezat.com)
Soto Ayam Lamongan

1. Soto Ayam Lamongan

Soto ayam Lamongan pastinya sudah dikenal oleh masyarakat umum. Bahkan ada masyarakat yang menjadikan soto ayam Lamongan ini menu wajib dalam makanan sehari – harinya. Tidak bisa dipungkiri ketika menyebutkan nama makanan ini akan terbayang aroma dan kelezatan rasanya. Sempat dibahas oleh salah satu media besar yang menyatakan kalo makanan khas dari kota Lamongan ini “menaklukan” kota Jakarta.

2. Nasi Boranan

nasi boranan-lamonganokewordpresscom
Nasi Boranan

Makanan khas berikutnya adalah nasi Boranan. Kata Boranan ini berasal dari tempat nasi ( terbuat dari Anyaman Bambu) yang di gendong dengan selendang pada punggung, terdiri dari nasi, bumbu, lauk,rempeyek. Bumbu dari nasi boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan, serta lauk yang ditawarkan oleh penjual bervariasi, diantaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe hingga ikan sili yang lebih mahal bila dibandingkan dengan lauk-lauk lainnya. Khas nasi boranan yang tidak akan  ditemui pada menu lainnya, yaitu empuk, pletuk, dan ikan sili. “Empuk ini dibuat dari tepung terigu yang dibumbui, Pletuk terbuat dari nasi yang dikeringkan atau kacang, lalu dibumbui dan digoreng. Namanya diambil dari bunyi ketika makanan ini dikunyah, ‘pletuk, pletuk’. Nah, lauk ikan sili ini yang tak bisa ditemui setiap saat, karena termasuk ikan musiman. Ikan sili dulu lebih dikenal sebagai ikan hias, harganya lebih mahal dibanding daging ayam. Bentuk ikan ini panjang seperti belut, tidak kentara mana bagian kepala atau ekornya. Durinya pun hanya ada di bagian tengah. Nasi ini disajikan biasa dijajakan secara lesehan di sekitar kawasan pasar-pasar kota di Kabupaten Lamongan.

3. Es Batil 

Es Batil
Es Batil

Kita akan membahas makanan  khas Lamongan yang unik namanya dan asing di telinga sebagian orang, Es Batil merupakan minuman yg terbuat dari beras yg diproses sehingga terbentuk menjadi batil kemudian dalam penyajian nya ditambah variasi seperti rumput laut,siwalan, mutiara,kacang ijo,ketan hitam,dan santan. Ada yang merasakan mirip kue apem tapi sedikit asam. Batil sebetulnya cukup enak dimakan langsung. Tapi biasanya makanan ini dihidangkan dengan cara diris-iris lalu dicampur dengan es dan sirup gula. Minuman ini biasa disebut dawet batil atau es batil. Jika anda penasaran dengan es batil langsung saja mampir ke Desa Bulubrangsi, Kecamatan Laren. Lokasi desa ini cukup jauh dari jalan utama pantura maupun jalan raya Lamongan-Babat.

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *