Mahasiswa Asing di UK Petra Ikut Meriahkan Batik Days

            Batik merupakan lukisan di atas kain yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Batik terdiri dari berbagai motif dan setiap motif merupakan simbol bagi pemakainya. Akan tetapi masyarakat tidak memahami nilai batik baik secara filosofisnya, padahal batik ini merupakan satu bentuk catatan sejarah kebudayaan Indonesia. Untuk menumbuhkan kebanggaan akan batik, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen Petra Surabaya menggelar Batik Days pada hari Jumat tanggal 20 Oktober 2017 mulai pukul 14.30 – 17.00 WIB di gedung P kampus UK Petra.

Web

            “Upaya menumbuhkan kecintaan terhadap batik sangat penting, salah satunya dengan mengajak generasi muda untuk menuangkan ekspresi dan kreasinya dalam desain batik. Nantinya para peserta akan diberikan motif dasar oleh panitia yaitu motif babon angrem lalu para peserta diminta menciptakan motif baru dari motif dasar ini”, urai Alicia Inneke Alvirizu selaku ketua panitia Batik Days 2017. Kegiatan apa saja yang ada dalam batik days tersebut? Giveaway, lomba membatik dan pameran itulah rangkaian kegiatan dalam Batik Days. Giveaway merupakan kompetisi yang sifatnya tidak perlu mendaftar, peserta cukup mengambil foto dengan beberapa temannya yang menggambarkan kebanggaannya terhadap batik di photobooth yang telah disediakan untuk kemudian diposting ke media sosial. Sedangkan lomba membatik ini dapat diikuti peserta secara berkelompok dengan dua orang di tiap kelompoknya. Peserta diminta membuat motif batik di atas kertas A4 dengan hanya diberi tiga warna cat poster yaitu merah, kuning dan biru. “Tema yang dipakai dalam kompetisi ini adalah Archipelago Heritage yang artinya Warisan Budaya. Pemenangnya akan di cari melalui sistem voting dari pengunjung pameran yang dilaksanakan mulai tanggal 24-26 Oktober 2017 di selasar P lantai 2 mulai pukul 09.00-15.00 WIB dan 27 Oktober 2017 mulai pukul 09.00-11.30 WIB.

            Total akan ada 40 tim dari mahasiswa/i dari berbagai Program Studi yang ada di UK Petra. Tak hanya itu saja, uniknya di antara tim yang sudah mendaftar tersebut akan ada sejumlah 12 mahasiswa asing yang sedang belajar di kampus UK Petra ikut serta dalam kompetisi ini ditemani oleh petra mate. Para peserta lomba ini nantinya akan diminta untuk menggunakan batik selama perlombaan berlangsung baik itu pakaian maupun aksesoris. Tak hanya itu saja, selama kegiatan berlangsung akan ada juga museum mini batik yang isinya mengenai koleksi kain batik lengkap dengan filosofi dan asal usulnya sehingga para pengunjung akan mendapatkan pengetahuan mengenai batik.

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

          Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya ; Telp : 2983190-3194

  • Jonathan sebastian (083851756644)

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *