Lizzie Velasquez, Dari “Buruk Rupa” Menjadi Motivator

www.lifehack.org
www.lifehack.org

Kisah inspiratif kali ini dari Lizzie Velasquez, wanita yang berasal dari Texas, Amerika Serikat, dia mengalami gangguan langka sejak lahir. Sebanyak apapun makanan yang dikonsumsinya, tubuhnya tidak sanggup menyimpan deposit lemak atau membentuk massa otot, akibatnya, berat badannya susah bertambah. Anak pertama pasangan dari Rita dan Guadalupe Velasquez ini, harus makan dalam porsi kecil, namun dengan frekuensi tinggi agar Lizzie mampu bertahan hidup.

Dalam sehari, dia harus makan sebanyak 60 kali, meski semuanya dalam porsi minimalis. Tubuh Lizzie sudah sangat kecil sejak lahir, dia terlahir hanya dengan berat 1,2 kg.Akibat kondisi ini, Lizzie kehilangan penglihatan pada mata kanannya, Saat ini, pada umur 24 tahun, berat badan hanya 26 kg atau seukuran bobot badan anak-anak umur 8-10 tahun.

 

Dr Abhimanyu Garg,  dokter pribadinya, mengakui kondisi yang dialami Lizzie sangat langka. Namun perjuangan Lizzie sangat hebat, karena mayoritas anak akan meninggal dengan kondisi seperti ini. Dengan kondisi yang langka ini, kehadiran Lizzie selalu dianggap aneh oleh teman-temannya sejak kecil. Saat sekolah,Lizzie sudah kenyang dengan berbagai hinaan, ejekan, atau bully.Tidak ada yang mau berteman dengan gadis ini, bahkan orangtua Lizzie seringkali mendapat tatapan aneh saat mereka melihat kondisi Lizzie.

 

Lizzie terkejut ketika menemukan foto-fotonya tersebar di internet dengan tulisan The Most Ugly Woman in the World, alias wanita terjelek di dunia. Dapat dibayangkan betapa sakit hatinya membaca julukan tersebut, Lizzie mengaku, ada saat-saat dia menangis ketika mengingat semua ejekan dan hinaan ini. Kondisi Lizzie boleh saja langka dan dianggap aneh, namun dia belajar dari kehidupan, dan akhirnya ia mampu menyimpulkan, bahwa semua wanita seharusnya mencintai dirinya terlebih dulu.

 

Lizzie berkali-kali hadir sebagai motivator sukses dalam berbagai acara, termasuk sebuah acara TV terkenal, yaitu The Learning Channel. Selama satu tahun, sudah 200 kali lebih Lizzie tampil sebagai pembicara dan motivator di acara tersebut. Wanita muda ini bahkan sudah menulis buku motivasi berjudul Be BEAUTIFUL, Be YOU.

 

Meski masih banyak komentar pedas dan menyakitkan hati, Lizzie tidak ingin menyesali kondisinya, dia menerima diri seperti apa adanya. Lizzie menyadari, bahwa orangtuanya pasti tidak menghendaki anaknya memiliki wajah seperti ini, ia-pun juga tidak menghendaki seperti itu, tetapi ini jalan Tuhan yang memang harus dilaluinya, dan Lizzie sudah benar-benar siap melalui jalan yang sudah ditetapkan Tuhan.

 

Jika kemudian dia memilih profesi sebagai motivator, bahkan sudah bisa dikatakan sukses, itu tidak lain karena dia berharap semua wanita di dunia lebih menghargai dirinya, bukan wajahnya.

 

Kisah inspiratif dari Lizzie Velasquez, memberi kita pelajaran yang penting, bahwa apapun keadaanmu, baik latar belakang kita, penampilan fisik kita, status sosial yang kita miliki, bahkan masa lalu kita, tidak bisa menghambat kita berkarya untuk Tuhan dan berpengaruh positif bagi sekitar kita, bahkan segala penjuru dunia.

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *