Ijen Summer Jazz 2017

Sibers… kita patutnya berbangga, karena Indonesia adalah penyelengara even Jazz terbesar di Dunia. Wah keren kan!? Kalo dilihat dalam beberapa tahun belakangan, ada begitu banyak event jazz yang diseleranggarakan dan formatnya pun bermacam – macam. Nah salah satunya adalah Ijen Summer Jazz yang di adakan di kota Banyuwangi dari tanggal 5-6 Oktober 2017 di Jiwa Jawa Resort. Kali ini merupakan even kedua yang sudah di adakan oleh jazz Gunung.

img_9172

Apa sih yang membedakan dengan even jazz lainnya? Perbedaannya ialah di even ini lebih memberikan ruang untuk para musisi pemula untuk ikut tampil sehingga mereka bisa mempunyai pengalaman bermusik. Banyuwangi Student Jazz merupakan salah satu musisi Jazz pemula yang tampil di acara Ijen Summer Jazz 2017 ini.

img_9086

Banyuwangi Student Jazz sebagai penampil pertama alias pembuka acara membawakan beberapa lagu, setelah itu para penonton di sambut dengan 4 penari gandrung, tarian khas dari Banyuwangi. Tidak kalah menarik para penikmat Jazz di suguhi tari barongan yang beradu tari dengan penari gandrung. Mereka menampilkan tarian khas Banyuwangi dengan sangat bagus sehingga memukau yang menyaksikannya.

img_9045

img_9089 img_9100

Setelah break acara penampilan selanjutnya adalah Nonaria yang terdiri dari 3 wanita. Nonaria memberikan kesan musik berbeda dari musisi pada umumnya, mereka tampil dengan penampilan oldies dan lagu-lagu yang membuat kita mengenang lagu-lagu nostalgia. Di akhir acara Nonaria memberikan kejutan kepada para penonton yaitu berduet dengan Bonita dan pecah karena lagu gang kelinci.

img_9121

Di tengah guyuran hujan rintik, para penonton di hibur dengan penampilan romantis Lalunada featuring Matthew dengan membawakan lagu-lagu cinta yang membuat para penonton terbawa oleh romantisnya suasana.

img_9154

Penampilan terakhir yang menbuat pecah di hari pertama adalah Srihanuraga Trio featuring Dira Sugandi dengan membawakan Album Indonesia Volume 1. Dira Sugandi menampilkan lagu-lagu daerah bagian Indonesia Barat dan yang membuat rasa nasionalis penonton paling mengebu adalah lagu Tanah Air yang di bawakan dengan apik oleh Dira Sugandi dan arranger musik yang keren dari Sri Hanuraga. Arga sapaan Sri Hanuraga mengatakan setelah sukses dengan Indonesia Volume 1, Arga akan segera membuat Indonesia Volume 2 yang akan lebih fokus ke musik- musik Indonesia bagian Timur

img_9088

 

Alam sempat tidak bersahabat, hari kedua di awali dengan hujan deras, sehingga Ijen Summer Jazz ditunda hingga beberapa jam, acara yang awalnya di mulai pukul 16.30 WIB baru di mulai pukul 9.  Venue yang awalnya di amplifiteater di pindah ke restoran lantai 2. Penampil pertama Tropical Transit asal Bali, menampilkan tarian Sufi asal Turki. Setelah itu berlanjut dengan penampilan Indrianto dengan permainan instrumen Jazz yang berbalut musik dangdut selama kurang lebih 1 jam.

img_9130 img_9116

Setelah ditunggu-tunggu tiba lah performer terakhir yang akan menutup serangkaian festival Ijen Summer Jazz 2017. Penampilan salah satu Diva Indonesia yaitu Vina Panduwinata. Vina memberikan kejutan berkolaborasi dengan DJ Goeslan dan Ikmal Tobing. 2 lagu terakhir Vina mengaransemen lagunya dengan musik EDM (Electronic Dance Music) dan membuat sentuhan yang berbeda dari biasanya dan membuat suasana ijen Summer Jazz pecah.

Penulis : Abi Yuri

Editor : DE

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *