Hyperloop, Jakarta Surabaya Nggak Sampai Sejam!!

Beberapa waktu yang lalu, sempat muncul pemberitaan mengenai hyperloop. Sarana transportasi yang konon katanya disebut sebagai pilihan yang kelima setelah bus, kereta api, kapal laut dan pesawat. Sebenarnya seperti apa sih hyperloop ini? Manfaat dan kelebihannya? Yuk disimak penjelasannya berikut ini !

pod | credit : hyperloop-one
pod | credit : hyperloop-one

Hyperloop adalah sarana transportasi yang bentuknya kapsul (Pod) kurang lebih mirip kereta api supercepat, namun yang membedakan dengan kereta api super cepat  adalah pertama jalur yang dilaluinya khusus, yaitu berupa tabung yang hampa udara, kedua karena dalam ruangan hampa udara,kapsul / pod yang membawa penumpang ini diperkirakan mampu berjalan sangat cepat kurang lebih 1127 Km / jam. Perbedaan yang terakhir yaitu jumlah penumpangnya pun sedikit.

Mengapa Hyperloop bisa berjalan cepat? Hal ini dikarenakan konsep jalur tabung yang hampa udara, dimana pod yang berisi penumpang ini mengapung dengan menggunakan teknologi levitasi magnetik atau pelampung dengan menggunakan “ski” kastor udara. Dibantu tenaga pendorong, membuat kendaraan berpenumpang ini melaju. Kalo SIBers pernah melihat di TV ataupun film bagaimana pesawat ulang – alik yang beratnya ratusan ton, namun seolah – olah ringan banget saat di luar angkasa yang notabene hampa udara, kemudian bayangin permainan karambol, bagaimana buah karambol bisa meluncur dengan licinnya melalui papan karambol, seperti itulah konsep hyperloop ini.

Tabung jalur Hyperloop | credit FB Hyperloop-one
Tabung jalur Hyperloop | credit FB Hyperloop-one

SIBers, melihat dari segi kecepatannya, maka efisiensi waktu akan sangat dirasakan jika menggunakan moda transportasi ini. Terlebih lagi jika harus menempuh perjalanan antar kota yang cukup jauh. Contohnya antara Jakarta dan Surabaya yang jika menggunakan kereta api bisa seharian perjalanan, jika menggunakan pesawat kurang lebih 100an menit, namun jika menggunakan hyperloop kurang dari 60 menit sudah sampai. Kira – kira akan diwujudkan di Indonesia? Denger – denger Chaiman Hyperloop Bibop G. Gresta  udah melakukan penanda tanganan kerjasama dengan Kementrian Perhubungan disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. SIBers berdoa aja, agar moda transportasi masa depan ini akan terwujud di bumi Nusantara tercinta.

Penulis : Dho

Editor : Lukas

Sumber : telegraph, CNN Indonesia

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *