dr Lilian Barbara Yeomans

Tokoh pergerakan yang akan kita bahas kali ini adalah seorang wanita luar biasa yang berasal dari Kanada, yaitu dokter Lilian Barbara Yeomans. Lahir di Montreal, Kanada pada tanggal 23 Juni 1861. Anak dari pasangan dokter dan ahli bedah Augustus Yeomans dan dokter Amelia Le Sueur ini memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Lilian berhasil mengikuti jejak dari kedua orang tuanya. Keluarga ini pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1864. Augustus Yeomans ditugaskan untuk menjadi tenaga medis di Angkatan Darat. Augustus meninggal pada bulan mei 1880 akibat sakit. Anaknya Lilian menempuh sarjana tinggi di Universitas Michigan, Ia lulus ketika usia 21 tahun dan lulus ujian praktek kedokteran di Manitoba, Kanada pada tahun 1882. Pada tahun 1887 kakaknya Charlotte Amelia (Amy) bergabung dengan kelompok perawat.

Lilian hidup di lingkungan bersama dengan orang – orang yang mempunyai masalah dengan kemiskinan dan pengangguran. Selain sibuk menangani pasien di rumah sakit, Dia menangani para pelacur, pecandu alkohol, dan secara rutin mengunjungi penjara untuk memeriksa kesehatan napi. Lilian kelelahan, stress dan tekanan kerja yang berlebihan, membuatnya sulit tidur. Lilian mencoba untuk mengkonsumsi obat penenang, namun obat-obatan itu tidak bisa mengatasi hal tersebut. Akhirnya lilian memakai morfin hanya untuk bisa tidur. Apa yang dilakukan lilian itu semakin memperburuk keadaannya, semua dokter berusaha semaksimal mungkin untuk mengambil morfin yang ada di dalam tubuh lilian. Setelah operasi yang cukup lama tersebut, lilian dapat tidur untuk sementara.

Selama kecanduan obat – obatan terlarang, Lilian mengalami gejala seperti berkeringat panas dan dingin, mual, dan tubuhnya lemas. Banyak usaha yang dilakukannya untuk menghentikan kecanduannya tersebut, namun semua usahanya gagal. Ia membuang obat-obatan itu dan bersumpah untuk tidak menggunakannya lagi. Pada tahun 1898 Lilian memutuskan untuk pergi ke John Alexander Dowie, seorang hamba Tuhan yang memiliki rumah penyembuhan di Chicago. Sesampai disana lilian ditinggal pergi untuk sementara, sendirian di ruangan yang cukup sederhana. Hanya ada sebuah alkitab diatas meja, ia mengambilnya dan membuka kitab perjanjian lama di ayub, yang membahas tentang penyembuhan. Ada firman Tuhan yang berkata “tidak ada yang lemah diantara mereka” ayat ini membuat Lilian sadar akan kesembuhan dari Tuhan. Lilian merasakan setiap bagian dari tubuhnya itu berbeda dengan sebelumnya. Kesembuhan itu nyata di dalam dirinya, Ia menerima dan percaya kalau Tuhan masih bisa menyembuhkan dirinya. Ia beserta adiknya dibaptis oleh Dowie di Zion Tabernacle.

Lilian Barbara memutuskan pensiun dini dari pekerjaan medisnya, dan ia mengambil keputusan untuk menjadi pelayan Tuhan sepenuh waktu. Saat melayani di Settlement Manitoba, ia bertemu seorang gadis kecil yang membuatnya tersentuh dan memutuskan mengadopsi anak tersebut. Lilian mengadakan pertemuan dengan para penginjil di Amerika Serikat dan Kanada, disitu ia bersaksi tentang penyembuhan yang dialaminya berasal dari Tuhan. Hal ini tercatat dalam majalah di tahun 1904, kemudian di tahun 1908 kesaksiannya diterbitkan di majalah Alliance. Ia memandu ribuan orang untuk percaya dan menerima Tuhan sebagai juru selamat.

Setelah ibunya meninggal pada tahun 1913, Lilian dan adiknya membeli rumah dengan uang yang diwariskan oleh orang tuanya. Rumah ini dirancang sebagai “rumah iman” sama seperti Carrie Judd Montgomery. Mereka melayani orang yang sakit, mendoakan, dan mengajari mereka bagaimana merenungkan alkitab. Tujuan mereka adalah menanamkan pengetahuan ke semua orang, bahwa Tuhan masih menyembuhkan orang yang percaya kepada-NYA. Dr. Lilian Yeomans meninggal pada 9 Desember 1942 di California, Amerika.

Post Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *